Bekerja Ke Korea | WA 081298483482

Bekerja Ke Korea | WA 081298483482

Bekerja Ke Korea

 

Bekerja ke Korea Program GtoG untuk pertamakalinya ada di Tahun 2004, pada saat itu langsung di bawah kendali kementrian tenaga kerja republik Indonesia. Sebelum ada Program kerja  ke Korea gtog keberangkatan ke Korea itu hanya lewat PJTKI yang dimulai dari tahun 1994. Karna banyaknya pelanggaran kerja serta banyak tenaga kerja ilegal serta mahalnya biaya untuk bekerja ke Korea maka sejak tahun 2004 program kerja ke Korea di ambil alih oleh pemerintah dalam hal ini kementrian tenaga kerja dengan nama program g to g atau government to government yang dalam bahasa Indonesia berarti program antar pemerintah.

Sejak program g to g ini dimulai terjadilah perubahan sistem yang signifikan yakni dimana para calon pekerja migran Indonesia (PMI) dulunya bernama TKI itu harus mengikuti ujian dan lulus sebagai syarat untuk bekerja di Korea dengan legal dan resmi dan memegang Visa E9 yakni Visa kerja. Keuntungan  Bekerja ke Korea Program GtoG ini dibanding jaman PJTKI yaitu biaya yang di keluarkan oleh kandidat pekerja migran Indonesia (PMI) sangat murah dan terjangkau serta sistem kontraknya pun berubah. Yang mana pada jaman berangkat Ke Korea lewat PJTKI (Peusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia) kontak kerja para PMI hanya 3 tahun dengan memegang Visa D-3 yaitu visa training yang hanya berlaku 3 tahun kontrak dan pekerja migran Indonesia maupun Pekerja migran dari negara lain harus pulang dan kembali ke tanah air.

Apabila mereka para PMI tidak mau pulang dan masih bertahan di Korea maka status mereka berubah yang tadinya training atau resmi menjadi tenaga kerja ilegal yang dimana dalam lingkungan PMI Korea lebih terkenal dengan sebutan TKI “Swasta”. Tenaga Kerja Indonesia yang berstatus ilegal atau swasta itu jelas beda dengan para TKI Resmi, mereka dalam bekerja ataupun kalau lagi keluar berbelanja sudah pasti mempunyai rasa khawatir dan takut terhadap petugas imigrasi atau lebih populer di kalangan tki bernama “PAKDE IMI”. Takut akan adanya gerebekan di pabrik waktu mereka bekerja juga takut ada razia di tempat-tempat umum seperti stasiun kereta, terminal bis ataupun ditempat keramaian lainnya.

Ketakutan para tki ilegal terhadap petugas imigrasi sangat beralasan, karena kalau mereka sampai tertangkap oleh pakde imi, maka akan banyak hukuman yang akan mereka terima. Hal ini menimbulkan seperti permainan kucing-kucingan antara para tki ilegal dan petugas imigrasi. Adapun para tenaga kerja Indonesia yang masih berstatus resmi atau legal mereka akan bekerja dengan tenang tanpa di hantui rasa takut dan khawatir serta mempunyai hak yang sama dengan tenaga kerja lokal dalam hal ini pekerja pribumi Korea. Para pekerja resmi yang Bekerja ke Korea memegang Visa E-9 atau visa kerja setelah 4 tahun tinggal di Korea bisa merubah Visanya menjadi Visa E-7-4 atau visa profesional dengan berbagai banyak keuntungan di bandingkan dengan jenis visa E-9 yang juga dapat disebut dengan visa pekerja non skill.

Apa sih Visa E-7-4 itu?

Visa E-7-4 adalah jenis visa profesional atau mempunyai skill dan untuk mendapatkan visa jenis ini kandidat harus mempunyai poin minimal yang sudah di tentukan oleh kementrian tenaga kerja korea. Visa E-7-4 diadakan untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja profesional pada bagian manufaktur atau pabrik di Korea Selatan. Nantinya para tenaga kerja Indonesia yang Bekerja ke Korea sudah memegang visa E-7-4 mempunyai banyak keuntungan di banding dengan pemegang visa E-9 antara lain :

  • Mereka tidak ikut tes bahasa korea lagi waktu di Indonesia
  • Pemegang Visa E-7-4 setiap 2 tahun dapat diperpanjang terus.
  • Pemegang Visa E-7-4 bisa membawa anak dan istrinya jika mereka sudah berumah tangga ke Korea.
  • Pemegang Visa E-7-4 memiliki kesempatan bekerja terus-menerus di Korea dan dapat mengajukan perubahan visa lagi ke ke jenis visa F-5, F-6 dan pastinya mempunyai banyak keuntungan lainnya.

Nah setelah banyak pengetahuan yang teman-teman dapatkan setelah membaca artikel ini, saya harap teman-teman semua jangan ragu untuk belajar bahasa Korea program gtog di LPK Ansan Cirebon, kami akan membimbing anda dari awal belajar hingga teman-teman nanti terbang ke Korea dengan biaya yang terjangkau.

Anda bisa menghubungi kami di WA 0812-9848-3482.